Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

GUGUR GUNUNG PEMBUATAN JALAN DUSUN BANARAN 2 RT 10 DESA BANARAN

 

Gugur Gunung adalah kerja bakti bersama dengan tujuan membantu sesama manusia sebagai makhluk sosial. Gugur Gunung disebut juga gotong royong. Istilah gugur gunung diadopsi dari bahasa Jawa yang merupakan satu konsep sosial warisan leluhur Nusantara. Luar biasanya indahnya. Kebersamaan, saling membantu, silahturahmi, bahu-membahu, kerja bersama tanpa upah, tanpa pamrih. Dalam bahasa Jawa, gugur gunung tegese makaryo sesarengan kangge tujuan sosial. Pada kesempatan ini salah satu kegiatan aktifitas di hari minggu 23 April 2017 adalah masyarakat Dusun Banaran 2 Rt 10 yang ada di Desa Banaran dengan serentak mengadakan Gugur Gunung membuat jalan melintas yang ada di Dusun tersebut.














Warga seperti inilah suatu bentuk kebersamaan cukup senang dengan makan dan minum sebagai ganti lelah. Istilah dalam bahasa jawa 'Wedangan Bareng-bareng, Kumpul Bareng" Hal seperti ini Bukan berarti tidak menghargai kerja seseorang. Tapi, gotong royong dalam konteks tertentu akan menciptakan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat yang ada di Banaran 2 pada pelaksanaan Gugur Gunung yang terlaksana ini.





Dari sinilah sekiranya yang dapat admin ambil Dokumentasinya aktifitas warga Desa Banaran dalam kegiatan Kegotong royongannya demi untuk mencapai tujuan bersama. Demikian info dari kami, semoga bermanfaat. Terim kasih atas kunjungannya.

Komentar